Balada Om John


Pada Sabtu, 20 Januari lalu, saya bertemu dengan seorang pria, sebut saja Om John. Eh emang namanya Om John.

Saya bertemu beliau di warung roti kukus sekitar Bandara Hussein Sastranegara, kali itu saya hendak mengantarkan kepergian kakak saya menuju Denpasar untuk kemudian ke Lombok.

Sembari menikmati lezatnya roti kukus, Om John tiba-tiba memainkan permainan sulap di depan kami (saya, kakak saya, mamang roti kukus, dan mamang bubur kacang).

730594_2663385999776_615549807_n

Yeah make it rock Om John!

702277_2663379679618_97979162_n

-dokumen pribadi
for more photos of Om John click here

Ya, Om John ini adalah seorang juru parkir di salah satu yayasan di dekat Bandara. Saya mengetahui namanya ketika beliau menunjukkan tato di lengannya yang memperlihatkan nama beserta tahun kelahirannya. Kalau dihitung sekarang ini usianya kurang lebih 60 tahun.

Selama percakapan dengan kami, beliau mengemukakan kebesaran dirinya di usia muda, sebelum ia pensiun, dimana dulu dia bekerja, bagaimana keluarganya, yang notabene menunjukkan bahwa dulu beliau adalah orang yang mapan dalam hal materil dengan prestige profesi yang cukup tinggi.

Bagi saya, di luar benar tidaknya hal yang dikemukakan Om John, saya mengagumi sosok beliau. Saya salut dengan dedikasi beliau dengan pekerjaan apapun yang digelutinya. Dimana dia senantiasa selalu berusaha menghibur siapapun yang berinteraksi dengannya.

Apalagi dengan melakukan atraksi sulap, I think that’s totally cool, di usianya yang senja dia tetap berjiwa muda. Semangat Om John!!

(Bandung, 2013)

7 thoughts on “Balada Om John

  1. Om John mampu melepaskan diri dari jebakan “post power syndrome” atau apapun namanya …
    saya rasa om John ini patut kita teladani …
    bagaimana dia menjalani hidup dengan cara yang tidak bertentangan dengan hukum dan norma …
    menjalani hidup … untuk orang lain … dan juga untuk dirinya sendiri

    salam saya Chandra
    (ah saya semakin suka dengan tulisan kamu nih …)
    (saya akan sering datang kesini …!!!)

Leave a Reply

