Pesona Curug Malela: Surga Tersembunyi di Bandung Barat


Ada yang pernah dengar Curug Malela?

Curug Malela yang dikenal dengan Little Niagara ini memang jarang sekali terjamah. Aksesnya yang cukup sulit mungkin jadi salah satu penyebabnya.

Bisa dilihat saat pertama kali saya ke curug (bahasa sunda dari air terjun) ini, pengunjungnya memang sangat minim, dari jam 10 pagi hingga sore saya hanya menemui kurang lebih 6-8 pengunjung. Bahkan, penduduk sekitar Bandung pun jarang sekali yang mengetahui curug dengan ketinggian 60-70 meter dengan lima jalur air terjun ini.

Sebagian saya dokumentasikan sebagai berikut:

IMG_2013dgh0615_124358_20130615185722153

view sepanjang jalan, adem

IMG_20130615_123841_20130615185943hjh946

Malela mulai terlihat

IMG_20130615_120852_2013061519jkjk2017203

Malela sudah dekat sayang #elusbackpack

Hingga ahirnya saya sampai di surga tersembunyi Bandung Barat ini🙂

IMG_20130615_115935_20130615180928775 coeditpy

Pesona Malela memanjakan mata

IMG_20130615_120918_20130615185007089

Beautiful of Little Niagara in Java

foto: dokumen pribadi (kamera 2mp smartfren andromax tab 7.0)

Nah, untuk aksesnya di Bandung sendiri beragam:

  1. Dari terminal Ciroyom, Bandung: Naik Bis jurusan Gununghalu/Bunijaya yang ditempuh dalam waktu sekitar 3 hingga 4 jam.
  2. Dari terminal Leuwi Panjang, Bandung: naik angkot jurusan Cimahi atau Cililin, dari Cililin lanjutkan dengan Angkot jurusan Gununghalu (turun di depan mini market alfamart – gununghalu) kemudian naik Bis jurusan Gununghalu/Bunijaya. Atau langsung saja dari Cililin naik Bis jurusan Gununghalu/Bunijaya.
  3. Dari Tol Padalarang, Kabupaten Bandung Barat: naik angkot jurusan Cimahi, turun di Cimareme dan lanjutkan naik angkot jurusan Cililin atau langsung saja dari Cimareme naik Bis jurusan Gununghalu/Bunijaya.
  4. Dari terminal Cileunyi, Kabupaten Bandung: Naik Bis Jurusan Cileunyi – Cililin kemudian dari Cililin lanjutkan dengan naik Bis jurusan Gununghalu/Bunijaya)

FYI, kendaraan umum menuju Bunijayanya sendiri agak sulit, karena saya naek motor, sepanjang perjalanan, jarang sekali saya melihat kendaraan umum di daerah ini, mangkannya sebisa mungkin berangkat pagi sekali.

Perjuangan baru dimulai ketika kita sampai Bunijaya, di sana saya dengar ada pemandu wisata dan ojek yang saya kurang tahu berapa ongkosnya. Namun, jika Anda senang berpetualang, Anda bisa berjalan kaki dengan jarak sekitar 12 km sampai pintu masuk (bisa dibilang). Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan melintasi bukit-bukit, hutan dan sawah sekitar 3 hingga 4 km menuju lokasi.

Selamat mencoba🙂

Chandra, Juni 2013

29 thoughts on “Pesona Curug Malela: Surga Tersembunyi di Bandung Barat

  1. Indah sekali air terjunnya ya… tapi sayangnya kurang publikasi ya Mbak Chandra. Aksesnya juga tidakmudah..mungkin itu juga menjadi salah satu penyebab, mengapa belum terkenal..

  2. Hallo Kak Chandra, aku mau minta izin nih. Kebetulan aku lagi ada tugas mengenai pariwisata Bandung Barat. Boleh nggak minta foto-fotonya? Nggak semua sih, hanya beberapa. Terimakasih sebelumnya🙂

  3. Hallo Kak Chandra, aku mau minta izin nih. Kebetulan aku lagi ada tugas mengenai pariwisata Bandung Barat. Boleh nggak minta foto-fotonya? Nggak semua sih, hanya beberapa. Terimakasih sebelumnya🙂

  4. enak naik motor atau naik kendaraan umum buat ke curug malelanya? saya pengen kesana habis sidang. hehe

    salam kenal, baru pertama berkunjung🙂

  5. Indah banget pemandangan air terjunnya. Sayangnya untuk sampai kesana repot ya transportasinya. Pemda Jabar kemana aja nih ya, koq punya lokasi indah seperti ini tidak dikemas untuk dijadikan tujuan wisata ya? Sangat disayangkan…
    Salam,

  6. nah itu kang, plang petunjuk arah minim,penduduk sekitar pun ada yang tahu dan ada yang ga lokasi persis curug ini, ucapan selamat datangnya sayang tidak saya potret, agak miris saya ngeliatnya hihi😛

  7. kalau orang bandung enak naik motor, soalnya akses dari jalan besarnya itu yang lumayan ekstrim,kalau jalan 12 km gilak haha, denger-denger ada penyewaan ojek ongkosnya sampai 50rb menuju parkir (karena dari parkir jalan lagi lumayan menelusuri sawah-sawah sekitar 3km),lagipula untuk naik umum saya jarang liat juga bus di bunijaya,pasti ada namun jam-jam tertentu mungkin
    selamat mencoba bayu
    salam,
    chandra

  8. oiya mba klaw boleh tau, air terjunya bisa dibuat mandi N brenang ngga, tmpatnya indah trasa mao mandi, ioiyaa ada penginapan ngga disana ya mba , thkaa

  9. bisa mandi atw ga tepatnya kurang tau ya soalnya pas saya kesana lagi deres banget dan ga memungkinkan buat mandi disana, soal penginapan sejauh ini saya ga ngeliat ada, mungkin tinggal di rumah warga atau gimana saya juga kurang tahu, soalnya pp pas saya kesana😛

  10. Pingback: #Flashpacking: Desa Mukapayung-Potensi Bandung Barat yang Jarang Tersentuh | chandra.

  11. Insha Allah jalan menuju ke sana akan di perbaiki oleh pemda setempat,kurang lebih bulan juli – agustus ..bisa di lalui kendaraan apa saja……mohon doa restu dri temen2 semua…semoga CURUG MARELA akan menjadi tempat wisata “terfavorit” di kab.Bandung Barat….amiin

  12. Lumayan membutuhkan perjuangan ya demi air terjun yang punya nama dan aliran yang cantik… Jamak di Indonesia, nama tak seindah jalan ke sana hahaha

  13. ya tapi sekarang udah mau dibagusin akses kesananya, btw tks fr stopped by and leave your comments, salam kenal dari bandung, chandra

Leave a Reply

