Kearifan Lokal Desa Pinggirsari, Banjaran-Kabupaten Bandung


Pada Jumat, 28 Juni 2013 saya mengikuti  salah satu even kampus di Banjaran, Kabupaten Bandung. Selalu ada yang saya kagumi setiap kali berada di tempat baru yang belum pernah saya sambangi, salah satunya desa Pinggirsari, Banjaran-Kabupaten ini.

Perjalanan pertama menuju desa Pinggirsari, saya sudah dimanjakan oleh view sepanjang jalan dengan kesejukan udaranya yang membuat saya terus melambatkan laju si bohay (motor saya hihi :-P)

PicsArt_1372733249094_20130702095314780

PicsArt_1372733144058_20130702095438318

foto: dokumen pribadi

Esok paginya, dalam perjalanan pulang, saya semakin dimanjakan dengan keindahan desa Pinggirsari, baik itu keindahan alamnya, kesejukan udaranya, dan keramahan penduduk setempat yang selalu memberikan senyuman kepada sesama.

PicsArt_1372521487501_SALAMANDER_1

Menunggu sunrise di perjalanan pulang🙂

Selain itu, potret kehidupan masyarakat setempat yang cenderung masih menjunjung tinggi nilai persaudaraan, begitu mengesankan bagi saya. Salah satunya ketika saya sedikit berbincang-bincang dengan penduduk yang hendak pergi bertani, mereka begitu ramah dan terbuka untuk berbincang dengan saya pada saat itu.

PicsArt_1372685886521

para ayah tangguh yang semangat mencari rejeki di pagi hari

PicsArt_1372685100900

pergi bekerja dengan berjalan kaki, disuguhi dengan keasrian alam, kesejukan udara, dan persahabatan, how beautiful!

Kesederhanaan seperti ini membuat saya teringat akan pelajaran dulu ketika masih Sekolah Dasar yang berbicara tentang gotong royong, tenggang rasa, keasrian atau bahkan tentang “Ini Budi” lalu kemudian “Budi berlibur ke Rumah Nenek”.

Mungkinkah saya sedang merasakan yang Budi rasakan? hihi😛

Dibalik carut marut pemberitaan buruk yang terjadi, selalu ada kebijaksanaan yang bisa didapatkan di negara tercinta kita ini. Ah saya cinta Indonesia!

8 thoughts on “Kearifan Lokal Desa Pinggirsari, Banjaran-Kabupaten Bandung

Leave a Reply

