Camping Anak Muslim, Cilengkrang, Bandung Timur


Jadi dua minggu lalu tepatnya pada 28-30 Juni saya berada dalam satu even bernama Camping Anak Muslim. Dalam even tersebut, saya dan beberapa teman lainnya diminta oleh panitia untuk menjadi fasilitator, atau saya rasa tepatnya menjadi kakak bina dari adik-adik yang selama tiga hari akan kita dampingi.

Lalu apa yang dilakukan selama mendampingi adik-adik unyuk tersebut?

Dalam briefing yang telah kami lakukan, intinya tugas kakak bina adalah membimbing adik-adiknya untuk menerapkan nilai-nilai agama selama kegiatan. Minimal mereka mendapatkan pengalaman hati setelah didampingi kakak-kakaknya selama tiga hari.

Dan, bagaimana dengan saya? Jujur saja ini jadi salah satu tantangan *berat buat saya. Saya sendiri masih perlu banyak belajar soal agama. Namun, salah satu panitia meyakinkan saya bahwa ini justru menjadi wadah untuk pembaruan pengalaman hati kita. Ya, intinya kita hanya perlu melandaskan niat baik, soal teknis nanti menyusul.

Benar saja, saya mendapatkan banyak pelajaran dari kegiatan ini. Selama tiga hari, adik-adik unyuk membawa kami dalam keceriaan. Beban-beban di pundak rasanya rontok seketika.

2013-06-29-16-38-07

menggambar dan bermain bersama adik-adik

2013-06-29-16-51-41

ciye yang bete diminta foto😛

2013-07-01-11-22-30

2013-07-01-11-21-01

ada juga yang anteng-anteng sendiri

Selama tiga hari, kelekatan adik-adik dengan kakaknya mulai terjalin *tjiyeeee meski ada lah yang rewel-rewel dikit, susah makan, susah mandi, dll.

Tapi di luar itu semua, saya belajar banyak dari mereka. Dan, seperti apa mereka nantinya, bergantung pada orang-orang dewasa di sekitarnya. Karena usia mereka yang rata-rata 5-10 tahun notabene masih modelling alias mencontoh orang di sekitarnya. Jadi, selama tiga hari itu ya mau ga mau saya juga harus meminimalisir kebiasaan buruk saya agar tidak dicontoh, dan ini jadi pembelajaran penting bagi saya.

Dan, satu lagi pembaruan yang menjadi pelajaran penting yang saya dapatkan pada saat itu, yakni how to be a good mom aaawwww😛

Tiga hari yang telah menjadi pembaruan untuk kedua pihak baik kakak bina maupun adik unyuk🙂

2013-07-01-12-26-27

karya seni adik untuk kenang-kenangan dibawa pulang, dari adik untuk adik oleh adik!

11 thoughts on “Camping Anak Muslim, Cilengkrang, Bandung Timur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s