Babarengan Beberesih Bandung bersama pasukan #sasapubandung dan zerowaste.bdg


Makna “Babarengan Beberesih Bandung” mungkin akan mudah dicerna oleh siapapun bahkan yang tidak paham bahasa Sunda sekalipun. Yap, kita akan bicara soal mewujudkan totalitas kebersihan kota, yang mana di sini adalah kota Bandung.

Kesempatan emas yang Tuhan berikan dengan dipertemukannya saya dengan anak-anak Kita Indonesia, merambah kenikmatan yang saya dapat dalam berkegiatan sosial, salah satunya untuk belajar lebih peka terhadap lingkungan. Ini jadi salah satu tolak ukur perubahan yang kentara pada diri saya, mengingat sebelumnya saya tidak pernah tertarik sama sekali dengan yang namanya berorganisasi atau semacamnya.

Jadi, ahir-ahir ini bersama anak-anak Kita Indonesia kami menjalankan gagasan Kang Ardi akan suatu program bernama Sasapu Bandung, suatu program yang terinspirasi oleh kearifan orang jaman dulu akan kebiasaan sasapu yang mana didalamnya mengandung unsur kegiatan membersihkan lingkungan agar tetap tertata rapi. Kegiatannya sendiri tidak lebih dari kampanye kebersihan dengan cara mengumpulkan sampah sekitar kawasan car free day di kota Bandung, bahkan di depan orang yang membuang sampah sembarangan, kita langsung memungut sampah didepan orang tesebut! muahahaha *ketawanyinyir😛

1385104_524623827624604_1263787381_n

yuk! wujudkan!

DSC02694

memungut sampah nan keceh😛

DSC02652

Kang Ardi (kanan) penggagas #sasapubandung, salah fokus kang?!

DSC02749

see!

DSC02643

ada cintaaaa di #sasapubandung😛

Ternyata, kegiatan kami ketika berada di kawasan Dago, Bandung “tertangkap” oleh zerowaste.bdg, sebuah forum gerakan Bandung bebas sampah. Ahirnya kesamaan visi ini mengantarkan kami pada kerjasama demi mewujudkan Bandung Bebas Sampah, dan kawasan Dago menjadi pilot project jika hal ini tercapai. Dan minggu, pada 13 Oktober kemarin zerowaste.bdg mengadakan pre-launching programnya dibantu kami melakukan pendataan dan sosialisasi kepada para “penghuni” Car Free Day Dago, baik pedagang maupun pengunjung soal larangan berjualan di trotoar sebelum benar-benar dialokasikan dan larangan membawa hewan peliharaan di kawasan CFD.

1374380_10151753231478789_794837361_n copy

Bu Ifa (tengah) bersama sebagian pasukan #sasapubandung

Thanks for beautiful experiences!

(Bandung, Oktober 2013)

13 thoughts on “Babarengan Beberesih Bandung bersama pasukan #sasapubandung dan zerowaste.bdg

  1. klo di Makassar bersama organisasi sy, kegiatan serupa disebut LMB “Lintas Makassar Bersih”🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s