The Power of ITEMAN: Psikologi dan Hal Absurd Lainnya


gini nih kalau anak psikologi lagi absurd😛iteman

ANALISIS ITEM :

Tingkat kesukaran pada item ini tergolong mudah yang ditunjukkan dengan indeks pop corect sebesar 0,002. Artinya hanya 0,02% dari keseluruhan testee mampu menjawab dengan benar. Dengan indeks daya diskrimasi -8,514 (biser) dan -6,314 (point biser), item ini memiliki daya diskriminasi tidak efektif, item perlu dibuang. Hal itu, terutama dikarenakan banyak testee yang menjawab salah satu distraktor (alternatif travelling). Artinya, banyak testee setuju bahwa travelling baik untuk kesejahteraan psikologis. Bahkan, alternatif jawaban ini memiliki koefisien korelasi daya pembeda yang positif, sementara alternatif yang seharusnya menjadi kunci jawaban (memori dengan mantan) berkorelasi negatif. Sehingga, distraktor travelling cenderung lebih cocok menjadi kunci jawaban. Tidak ada testee yang tidak memberikan jawaban pada item ini. Adapun analisis tiap alternatif jawaban pada item ini adalah sebagai berikut :

ALTERNATIF JAWABAN MEMORI DENGAN MANTAN

Dengan jumlah penjawab 0,02% dari seluruh jumlah testee, alternatif jawaban memori dengan mantan merupakan kunci jawaban yang tidak efektif. Karena item ini memiliki koefisien korelasi daya beda yang negatif (biser: -8,514; point biser: -6,314).

ALTERNATIF JAWABAN NGOMONG DENGAN TEMBOK

Dengan jumlah penjawab 0,03% dari seluruh jumlah testee, alternatif jawaban ngomong dengan tembok merupakan distraktor yang cukup baik. Karena item ini memiliki koefisien korelasi daya beda yang negatif (biser: -0,028; point biser: -0,001).

ALTERNATIF JAWABAN TRAVELLING

Dengan jumlah penjawab 87,6% dari seluruh jumlah testee, alternatif jawaban travelling merupakan distraktor yang tidak efektif. Item ini memiliki koefisien korelasi daya beda yang positif (biser: 0,599; point biser: 0,449). Bahkan alternatif travelling cenderung lebih cocok menjadi kunci dari item ini, yakni kesejahteraan psikologis.

ALTERNATIF JAWABAN RAJIN YOGA

Dengan jumlah penjawab 53,7% dari seluruh jumlah testee, alternatif jawaban rajin yoga merupakan distraktor yang tidak efektif. Karena item ini memiliki koefisien korelasi daya beda yang positif (biser: 0,004; point biser: 0,002).

KESIMPULAN:

Travelling dan rajin yoga lebih efektif menjadi alternatif kesejahteraan psikologis. Bahkan, ngomong dengan tembok jauh lebih efektif dibandingkan mengenang memori dengan mantan sekalipun.

HAHAHAHA ANCUR😛

Salam sejahtera,

(Chandra, korban analisis item konstruksi tes, 2014)

6 thoughts on “The Power of ITEMAN: Psikologi dan Hal Absurd Lainnya

  1. mba kuliahnya jurusan psikologi yah? sama kayak adek aku haha tapi dia sering iseng menerka nerka kepribadian aku -_- emang jurusan psikologi diajarin gitu yah kekekeke😀

  2. justru karena belajar psikologi jadi hati hati banget buat judgement, mungkin have fun aja adeknya apalagi kalau sama sodara mah🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s