Situ Bolang : Potensi Desa Jatisura-Indramayu


Ini kali pertamanya saya ke Indramayu, dalam rangka KKN atau kuliah kerja nyata yang akan dilaksanakan 40 hari ke depan, saya ditempatkan di salah satu desa di Kabupaten Indramayu yang katanya “cukup” sejuk dibanding kecamatan lainnya. Bok! sesejuk apapun Indramayu itu puanaaas😛

Berada di kecamatan Cikedung, desa Jatisura mempunyai sebuah waduk bernama Situ Bolang. Berdasarkan cerita masyarakat setempat, Bolang berasal dari kata kebo ilang. Mitosnya, dulu tanah yang merupakan Situ Bolang sekarang ini merupakan hamparan kebun dengan rerumputan tempat kerbau-kerbau digembala. Pada saat itu, banyak kerbau yang hilang tanpa sebab. Disaat bersamaan, keluar mata air di kawasan yang kini menjadi Situ Bolang.

Objek wisata Situ Bolang sendiri menurut saya terbilang masih sepi. Pendapatan yang didapat pengelola hanya berasal dari warung-warung yang berjualan di sekitar kawasan wisata. Namun, menurut salah satu warga Cikedung, objek wisata yang menjadi salah icon desa tempat saya melaksanakan KKN ini identik dengan “warung remang-remang” jika kita mengeksplor jajaran warung lebih dalam. Terlepas dari asumsi tersebut, saya tetap menikmati ketenangan yang disajikan kawasan wisata. Terlebih disana sudah tersedia pusat informasi yang dikelola oleh PM setempat.

Akses yang biasanya dicapai dengan kendaraan bermotor ini cukup bagus. Kita akan disajikan hamparan sawah yang cukup luas sepanjang perjalanan.

DSC09173 copy

view sepanjang perjalanan Photo by : Niluh, Kamera: Sony Cyber-shot DSC-W730

DSC09206 copy

Respect dengan bantuan PM setempat ini, Photo by : Chandra, Kamera: Sony Cyber-shot DSC-W730

DSC09200 copy

Pesona kawasan Situ Bolang-Kabupaten Indramayu Photo by : Chandra, Kamera: Sony Cyber-shot DSC-W730

Dengan menempuh perjalanan 10-15 menit dari kecamatan Cikedung-Kabupaten Indramayu, kita bisa menikmati ketenangan pesona objek wisata Desa Jatisura ini. Tidak ada jalan petunjuk yang cukup menuju waduk. Namun, kita bisa menemukannya dengan mudah dengan bertanya pada penduduk setempat. Untuk akses transportasi, tidak ada angkutan umum menuju kawasan wisata, mungkin kita bisa menggunakan ojek (jika ada) atau meminta bantuan penduduk setempat untuk diantarkan. Kegiatan yang biasa dilakukan di situ ini adalah memancing dan menikmati kuliner ikan hasil tangkapan di kawasan wisata. Tidak ada tiket masuk di kawasan wisata ini, gratiiiis😛

situ bolang

Saung apung buatan warga setempat, respect🙂 Photo by : Chandra, Kamera: Sony Cyber-shot DSC-W730

Rencananya, kami akan membuat event di kawasan wisata Desa Jatisura ini, semoga terealisasikan dengan baik, next post🙂

Indramayu, Juli 2014

Chandra.

9 thoughts on “Situ Bolang : Potensi Desa Jatisura-Indramayu

  1. Gua belum pernah ke Indramayu, tapi ngeliat foto-foto di sini kayaknya Indramayu keren ya.. jadi penasaran. hehe

  2. Pingback: Hastag Kuliah Gamang | chandra.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s