Desa Warnasari: Relieving Stress dengan Hamparan Perkebunannya


Pangalengan, salah satu kecamatan di Kabupaten Bandung ini sukses membuat saya selalu jatuh cinta dengan kesejukkan dan ketenangan alamnya. Pangalengan jadi tempat yang mudah diakses dari tempat tinggal saya, cukup dengan mengendarai sepeda motor selama kurang lebih dua jam, saya bisa menyambangi berbagai tempat di kecamatan yang dikenal dengan komoditi sayuran dan hasil ternaknya ini. Perjalanan sepanjang perjalanan jugalah yang membuat saya makin jatuh cinta dengan kecamatan yang selalu dinyanyikan oleh mamang mamang susu yang setiap pagi lewat di depan rumah saya “KPBS..pangalengan, susu nasional!”, perkebunan yang terhampar sepanjang jalan bikin siapapun punya place attachment yang kuat dengan beberapa pedesaan sepanjang kecamatan Pangalengan, salah satunya desa Warnasari.

Dalam rangka berkegiatan sosial dengan teman-teman di komunitas, saya tinggal di desa ini selama dua hari.

IMG-20150531-WA0003

Bersama tim Safari Desa, Komunitas Kita Indonesia

Untuk mengakses desa ini cukup mudah, tepat di depan gerbang masuk Situ Cileunca, terdapat gapura Desa Warnasari. Masuk ke dalam desa, kita akan disuguhi view perkebunan yang cukup luas seperti halnya view yang kita lihat sepanjang perjalanan menuju Kecamatan Pangalengan.

view sepanjang perjalanan, photo taken by me, camera: LG E410

view sepanjang perjalanan, photo taken by me, camera: LG E410

aktivitas warga desa di pagi hari photo taken by me, camera: LG E410

aktivitas warga desa di pagi hari, photo taken by me, camera: LG E410

Meskipun dinginnya udara di pagi hari bikin males mandi mencucuk badan, pemandangan dan kesejukkan yang disuguhkan dari mulai matahari terbit hingga udara menghangat membuat saya tetap meluncurkan laju sepeda motor untuk menikmati keindahan desa di pagi hari.

menunggu sunrise di depan Situ Cileunca, photo taken by me camera: LG E410

menunggu sunrise di depan Situ Cileunca, photo taken by me camera: LG E410

Udara menghangat sepanjang perkebunan, photo taken by me camera: LG E410

Udara menghangat sepanjang perkebunan, photo taken by me camera: LG E410

Pemandangan dan kesejukkan yang disuguhkan selama tinggal dua hari di desa ini membuat saya mampu sedikit menenangkan diri dari tuntutan-tuntutan pekerjaan dan perkuliahan, the scene should relieved your stress🙂 rajin-rajin menyambangi perkebunan luas yang sejuk kaya gini menurut saya sangat membantu proses penyembuhan diri atau self healing kalau kita sungguh-sungguh ingin lebih tenang ngadepin berbagai stressor di aktivitas sehari-hari. Ya makin serius ya kayanya, jadi ngingetin saya ke skripsi😛

Yap, semoga tulisan yang udah lama nggak saya posting ini bisa menambah refrensi buat teman-teman.

Salam sayang dari Bandung,

Chandra.

18 thoughts on “Desa Warnasari: Relieving Stress dengan Hamparan Perkebunannya

  1. pemandangan di sekitar lereng gunung memang selalu bikin adem, kalau lihat seperti ini sama dengan daerah perkebunan teh kemuning dideket tempatku kak🙂

  2. wah rancabali ciwidey ya, iya memang bandung menyuguhkan sejuta kesejukkan buat dinikmati dan dinongkrongi😛 btw tks udah mampir dan baca postingan saya, salam kenal
    chandra

Leave a Reply

