26 Oktober: Lima tahun Paska Erupsi Merapi #respectsurvivor


Sudah lama sekali saya tidak memposting tulisan, ya.

Kali ini saya ingin sedikit mengekspresikan perasaan dan pemahaman yang muncul ketika salah satu program televisi mengingatkan kita akan erupsi Gunung Merapi yang mencapai puncak aktivitasnya pada 26 oktber 2010, tepat lima tahun yang lalu.

Singkat cerita, dua minggu lalu saya tinggal di salah satu hunian tetap atau huntap penyintas (atau survivor, yaitu korban yang selamat dari bencana) erupsi merapi 2010, tepatnya Huntap Dongkelsari, Desa Srodokan, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman. Huntap sendiri merupakan shelter yang akhirnya ditetapkan menjadi hunian warga yang mengalami relokasi paska erupsi merapi. FYI, Kab. Sleman (terutama kecamatan cangkringan) merupakan salah satu daerah yang terkena dampak erupsi paling parah dan menelan korban jiwa terbanyak saat itu.

Disana, saya tinggal bersama salah satu penyintas bencana selama tiga hari. Selama tinggal disana, beberapa penyintas yang tinggal di huntap menceritakan berbagai hal terkait bencana yang mereka alami secara langsung.

Di luar kronologi dan konten mengenai bencana yang dialami, saya lebih banyak memperhatikan reaksi emosional mereka ketika menceritakan hal tersebut, yang notabene membuat saya merasa ngeri ketika membayangkannya.

Sisa Letusan Mahaguru yang memberikan banyak peringatan kepada kita untuk memaknainya, photo by: PASAG MERAPI

Sisa Letusan Merapi yang memberikan banyak peringatan kepada kita untuk memaknainya, photo by: PASAG MERAPI

Bahkan, salah satu penyintas menunjukkan reaksi emosional yang cukup kuat dan membuat saya terhanyut dalam kengerian yang ia ceritakan, meskipun bencana telah berlalu selama lima tahun.

Di sisi lain, usaha mereka dalam memaknai bencana yang dialaminya memberikan energi untuk terus menjalani kehidupan yang semakin baik, hal itu pun menular pada saya yang tidak mengalami bahkan menyaksikan bencana secara langsung.

Salah satunya diutarakan oleh mas rudi dari Komunitas Lajur Merapi dan mas totok dari PASAG MERAPI yang telah banyak membantu saya dan memberikan banyak informasi serta pemahaman atas bencana yang pernah mereka alami. Berbagai hal yang mereka tunjukkan telah membantu saya dalam mengasah kepekaan sebagai mahasiswa Psikologi😛

Hal ini, reaksi emosional dan pemaknaan para penyintas erupsi merapi belum bisa saya paparkan dalam sebuah kalimat. Next posting🙂

Yang ingin saya sampaikan dalam tulisan ini adalah apa yang telah menimpa para penyintas erupsi merapi lima tahun lalu membutuhkan penyesuaian diri yang tidak mudah, termasuk penyesuaian secara emosional. Saya membayangkan jika saat itu para penyintas (dan juga RELAWAN) harus mengatasi reaksi emosional yang begitu sulit untuk dikendalikan, dan mungkin bisa memberikan dampak berkepanjangan. Di sisi lain, usaha mereka dalam memaknai bencana yang pernah dialaminya membuat diri mereka semakin kuat. Sehingga, dukungan dari luar kawasan erupsi mungkin akan sangat membantu mereka untuk lebih terbuka dan percaya diri dalam menjalani kehidupan yang secara umum mengalami transisi cukup signifikan selama lima tahun paska erupsi. Untuk itu, mari sama-sama mencoba belajar dan memaknai peristiwa yang telah menimpa para penyintas erupsi merapi #respectsurvivor.

Melalui ketenangan Merapi saat ini, Tuhan menitipkan makna untuk umat-Nya

Melalui ketenangan Merapi saat ini, Tuhan menitipkan makna untuk umat-Nya, photo by: me, kamera: LG E-410 smartphone

Salam hangat dari Bandung untuk Merapi,

Chandra.

14 thoughts on “26 Oktober: Lima tahun Paska Erupsi Merapi #respectsurvivor

  1. Pernah dekat dengan survivor, tentu memberikan empati, simpati, dan respek mendalam ya ketika Tuhan menjatuhkan musibah lagi.

  2. Jadi teringat, pas erupsi ini kampusku acara wisudanya diundur… padahal banyak mahasiswa yang sudah mengambil baju toga🙂 kemudian jalanan jogja penuh dengan debu yang hampir seminggu lebih baru menghilang😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s