Pilot test, well done!


Ini latepost sebetulnya, tapi ga apa apa mari kita lihat apa yang bakal saya curhatin tulis disini.

Dua pekan lalu , jadi hari terahir saya melakukan pilot test atau uji coba instrumen penelitian sebelum nanti melakukan penelitian akhir (yang pernah skripsi pasti tau lah ya). Tapi disini saya ga akan bicara banyak soal gimana proses pilot test yang dilakukan selama kurang lebih dua minggu tersebut. Saya ingin sedikit sharing soal gimana prosedur yang ideal dilakukan mahasiswa ketika melakukan pengambilan data di suatu daerah tertentu, baik itu studi pendahuluan, survey, pilot test, atau pengambilan data akhir. Prosedur ini berlaku buat semua proses penelitian (mulai sok tau deh ya).

Sebelum saya jabarin prosedurnya, kita perlu aware dulu

kenapa sih kita harus ribet-ribet sama prosedur dan ngelengkapin semua proses birokrasi?

Teruntuk adek-adek unyuk yang nanti mungkin bakal ngalamin ini, ngelengkapin semua proses birokrasi sebelum melakukan pengambilan data ke warga suatu daerah itu penting banget karena dengan kita melakukan prosedur yang legal, otomotis kita bakal dapat perlindungan dari lembaga terkait sesuai dengan penelitian kita. Lembaga terkait juga biasanya memberikan kemudahan buat kita untuk dikoordinasikan dengan warga desa melalui berbagai pihak, kaya kepemudaan, rt/rw, kader, komunitas, dll.

Dan, yang paling penting adalah kita gak perlu mengeluarkan insentif sepeser pun untuk warga yang jadi responden penelitian kita, karena kita telah mendapatkan hak yang legal. (as always, kantong mahasiswa itu kering kan?)

So, langsung aja prosedur yang perlu kita lakukan ketika akan melakukan penelitian ke suatu daerah adalah:

  1. Minta surat pengantar ke pihak jurusan/fakultas/kampus untuk melakukan penelitian yang ditujukan ke Kesbang (Kesatuan Bangsa) wilayah kita akan melakukan penelitian. Jika penelitian kita di luar provinsi, kita harus memproses ke Kesbang provinsi dulu.
  2. Meminta surat ijin penelitian  ke Kesbang dengan memberikan surat pengantar dari pihak kampus tadi, biasanya kita diminta menyertai surat pengantar dengan proposal, fotocopy ktp/ktm, dan foto 3×4. Surat ijin penelitian pun siap kita proses ke kecamatan dan atau desa tempat kita akan melakukan penelitian. Di sebagian provinsi, surat ijin dari Kesbang tidak cukup, kita masih harus memprosesnya ke Bapeda (ini saya temui pas di Jogja). Which is menurut saya ini lebih rapih dan tertib.
  3. Setelah surat ijin dari Kesbang dan atau Bapeda siap, kita tinggal memprosesnya ke kantor kecamatan untuk meminta surat ijin penelitian lagi. Biasanya dari kecamatan, kita akan direkomendasikan ke lembaga dan atau komunitas terkait penelitian kita.
  4. Surat ijin dari kecamatan (tebusan dari Kesbang dan atau Bapeda) tersebutlah yang jadi modal kita buat dibawa dan diproses kemana mana sesuai dengan penelitian kita nanti.

Itu saja yang bisa saya share, jadi saya baru tahu setelah ngobrol-ngobrol sama pihak Kesbang bahwa masih banyak sekali mahasiswa yang melakukan proses pengambilan data kepada warga suatu daerah tanpa melakukan proses yang legal, entah karena tidak tahu atau gak mau ribet. Biasanya mahasiswa melakukan proses pengambilan data dengan bermodal surat ijin dari kampus saja, padahal ini kurang tepat.

Begitu teman-teman, mari lebih kritis dalam berproses, semoga bermanfaat.

Fyi, pilot test saya kemarin dilakukan kepada penyintas gempa Pangalengan, saya dibantu sama beberapa pihak, terimakasih buat temen-temen Masyarakat Tangguh Bencana (MTB), Sukamanah Community Welfare Center (SCWC), Parac Adventure, bapak/ibu rt dan rw tiap desa, karang taruna, kader desa dan yang pasti semua pihak kecamatan Pangalengan termasuk beberapa desa didalamnya.

CAM02340-1

Bersama kak Ayu dari SCWC

CAM02316

Ikut kegiatan MTB, Simulasi tanggap resiko bencana di SMAN 1 Pangelengan

 

Bandung, Mei 2016

Chandra.

3 thoughts on “Pilot test, well done!

  1. hi😛 mumpung masih semangat belajar jadi ditampung disini dua tiga taun lagi mungkin udah menguap juga, btw tks udah ngasih respon ya kak, sukses terus🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s