Bakso Cak Tono, uenak tenan!


Kali ini saya sedang mengerjakan sebuah project di Kota Batu, di tengah hati yang riuh kerjaan, sedikit melipir ke arah timur alun alun Kota Batu (buta arah, correct me if i’m wrong) kita bisa menemui sebuah kedai bakso yang cukup kecil bernama Bakso Arema Cak Tono. Waktu ke sana, tempatnya gak terlalu rame, jalanannya pun tergolong sepi (entah karena hari kerja juga, Kota Batu tidak seramai akhir pekan). Alamat lengkapnya bisa langsung kamu akses lewat ojek online!

Meskipun terbiasa jajan bakso Malang, cara penyajian di kedai bakso ini masih cukup baru bagi saya (mungkin kedai-kedai bakso lainnya menyajikan cara yang sama). Bedanya dengan abang bakso Malang yang sering kita temui, toping baksonya lebih beragam, mulai dari bakso udang, tahu pedas, kikil, bakso bakar, sampe jamur crispy, kamu pasti laper mata terus deh pengen nambah lagi!

bakso arema

Kedai bakso ini cukup direkomendasikan oleh warga lokal, dibanding dengan bakso Presiden yang cukup terkenal, katanya sih yang ini lebih enak. Buat saya, ini pertama kalinya merasakan bakso Malang yang lebih enak dibanding bakso yang sering saya temui di kampung halaman saya di Bandung. Loh kok bisa? Yap, seringkali bakso yang dijual mas mas ini berasa lebih enak di Bandung daripada di daerah asalnya sendiri.

Tekstur baksonya lumayan lembut, tebakan saya ini proporsi tepung vs daging seenggaknya 50:50. Aroma kaldunya juga cukup dominan, ini oke banget buat saya, gak perlu kebanyakan rempah, yang ditonjolkan dalam sajian bakso ini memang esensial, daging berkualitas bagus (seenggaknya untuk bakso) dan kaldu yang light. Kalau kamu suka rasa yang pernah ada yang kuat, kadang mbak atau masnya menambahkan kuah bakso bakar dalam sajian. Untuk harga lumayan murah, harga setiap pcs-nya berkisar antara 3000-6000 rupiah saja. Untuk minusnya, saya gak ada concern sih, mungkin untuk beberapa orang tempatnya bisa jadi kurang nyaman, selain itu semuanya oke.

Advertisements

2 thoughts on “Bakso Cak Tono, uenak tenan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s